Koarmabar Kerahkan 3 KRI Dan 2 Pesud Laksanakan SAR Tabrakan Kapal Perang AS

Jakarta (IndonesiaMandiri) -  Komando Armada RI Kawasan Barat/Koarmabar mengerahkan  tiga unsur KRI dan dua Pesawat udara untuk melaksanakan  bantuan search and rescue (SAR) terhadap kejadian tabrakan kapal perang Amerika Serikat USS John S. Mc. Cain (DDG 56) dengan kapal tanker Alnic MC berbendera Liberia  diperairan sebelah timur Singapura dan dekat Selat Malaka (21/8).

Ketiga unsur KRI Koarmabar tersebut yaitu KRI Cucut-866, KRI Parang-647, KRI Surik-645 yang merupakan unsur di bawah pembinaan Satuan Kapal Cepat Koarmabar dan Satuan Kapal Patroli Koarmabar. Selain ketiga KRI, dalam SAR tersebut juga melibatkan dua pesawat udara TNI Angkatan Laut jenis fixed wing P-852 dan rotary wing NV-409.

Kapal perusak kawal rudal USS John S. Mc. Cain milik Amerika Serikat (AS) ini mengalami kerusakan pada sisi kiri kapal dan kehilangan 10 personel yang sekarang masih dalam proses upaya pencarian dan penyelamatan dilakukan dalam koordinasi dengan pemerintah setempat. Sedangkan kapal tanker Alnic MC merupakan kapal yang digunakan untuk mengangkut minyak dan bahan kimia. Menurut informasi di situs Marine Traffic, mempunyai bobot lebih dari 30.000 ton 

Hingga saat ini, ketiga KRI jajaran Koarmabar tersebut masih terus melakukan penyisiran diperairan sekitar kejadian dan kedua pesawat udara melakukan pemantaun dan identifikasi lewat udara guna segera menemukan kesepuluh crew USS John S. McCain (DDG 56)  yang dinyatakan hilang (fm).

Foto: Dispenarmabar

Kembali ke Kearifan Lokal
Sejatinya, Kearifan Lokal justru mengakselerasi
Modernisasi ke arah yang lebih sehat....
Bogor Sehat (Sejahtera Aman Tentram)