Bakamla Latihan Bersama dengan Australia

Arafuru (Indonesiamandiri) - Kapal Bakamla RI KN Ular Laut 4805 melakukan latihan bersama dengan Kapal Australia ABFC Thaiyak dalam Patroli Terkoordinasi/Patkor Shearwater IV di Laut Arafuru, Indonesia Timur (27/08).

Kegiatan latihan bersama selama satu hari ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan laut di wilayah perbatasan Indonesia - Australia dari ancaman illegal fishing, people smuggling, dan perlindungan lingkungan hidup. Diharapkan dengan dilaksanakannya Patkor Shearwater IV tahun 2017 ini dapat dijadikan acuan untuk kegiatan selanjutnya dengan hasil yang baik dan mampu memberikan pesan kepada komunitas maritim bahwa kedua negara bekerja sama dengan baik untuk meningkatkan keamanan wilayah perbatasan.

Dalam latihan ini, KN Ular Laut 4805 menuju titik pertemuan Rendesvous Point (RV) dengan kapal ABFC Thaiyak di Laut Arafuru pada koordinat 9 19.413 S 132 15.997 E. Pada pukul 11.00 WIT kedua kapal bertemu dan langsung melakukan patroli bersama dan juga latihan komunikasi dari kapal ke kapal menggunakan radio VHF marine band, kapal ke pesawat menggunakan radio GTA (Ground To Air) dan komunikasi melalui email.

Komandan Satgas Shearwater IV Kolonel Laut (P) Patkuryanto mengatakan, "latihan bersama ini memberikan kesempatan sempurna untuk meningkatkan hubungan baik antar negara dan memungkinkan kita untuk beroperasi lebih dekat satu sama lain untuk melindungi kepentingan maritim kita dengan lebih baik. Kami mempunyai tekad yang sama untuk menjaga perairan kita tetap aman.“

Saat ini KN Ular Laut 4805 melakukan bekul di pelabuhan umum Saumlaki kemudian akan melanjutkan pelayaran ke Australia untuk latihan bersama awak kapal (fm).

Foto: Humasbakamla

Arsip : IndonesiaMandiri.id
Link terkait :

Bakamla Latihan Bersama dengan Australia

Kembali ke Kearifan Lokal
Sejatinya, Kearifan Lokal justru mengakselerasi
Modernisasi ke arah yang lebih sehat....
Bogor Sehat (Sejahtera Aman Tentram)